5 Fiksi Terbaik IBF Award 2023

1
103

Ajang tahunan Islamic Book Fair (IBF) Award 2023 telah selesai digelar, bersamaan dengan pemberian penghargaan pada insan-insan yang terlibat aktif dalam perbukuan, serta para penulis buku meliputi kategori Fiksi Dewasa, Fiksi Anak, Non Fiksi Dewasa dan Non Fiksi Anak. Penghargaan tersebut diberikan pada acara pembukaan Islamic Book Fair (IBF) 2023, Rabu, 20 September 2023.

Kegiatan IBF Award sendiri diakui, merupakan salah satu ajang bergengsi di dunia perbukuan, khususnya buku-buku religi, dalam hal ini adalah agama Islam. IBF Award menjadi salah satu indikator buku-buku berkualitas yang diterbitkan oleh para penerbit Islami di Indonesia. Menurut Panitia IBF 2023, IBF Award ini adalah yang ke-17, sejak pertama kali digelar tahun 2005.

Meski begitu, pameran buku bertajuk Islamic Book Fair ini masih berlangsung hingga 24 September 2023 di Istora Senayan, Jakarta. Pameran buku Islam terbesar setanah air ini digelar mulai tanggal 20 September 2023. Ratusan stand dari penerbit-penerbit besar, memamerkan buku-buku terbaiknya di sana. Memang IBF Award merupakan salah satu acara yang menjadi satu dalam rangkaian Islamic Book Fair.

Berikut ini adalah 5 buku fiksi yang menjadi nominator IBF Award 2023 Kategori Fiksi Dewasa.

  1. 5 Titik 1 Koma, karya Hangka, diterbitkan oleh Penerbit Rene Islam
  2. De Hoop Eiland, karya Afifah Afra, diterbitkan oleh Indiva Media Kreasi
  3. Melati Tepian Ciliwung, karya Rizka Martha Fauzia, diterbitkan oleh Binsar Hiras Publishing
  4. Suluh Rindu, karya Habiburrahman el-Shirazy, diterbitkan oleh Republika Penerbit
  5. Surga yang Tak Dirindukan, karya Asma Nadia, diterbitkan oleh Republika Penerbit

Dari 5 novel tersebut, 3 di antaranya ditulis oleh para penulis yang sudah lama berkiprah di penulisan Fiksi Islami. Afifah Afra adalah juga Pimpinan Redaksi Filmi, telah menulis sejak tahun 2001. De Hoop Eiland adalah novel terbarunya, merupakan penutup tetralogi De Winst. Habiburrahman el-Shirazy yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Forum Lingkar Pena, juga merupakan nama besar di dunia Fiksi Islami yang terkenal dengan novel Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih. Asma Nadia merupakan pendiri Forum Lingkar Pena, dan novel-novelnya telah banyak difilmkan, sama seperti Habiburrahman el-Shirazy.

Meski begitu, penghargaan IBF Award 2023 kategori Fiksi Dewasa jatuh pada novel Melati Tepian Ciliwung. Selamat untuk Rizka Martha Fauzia dan penerbit Binsar Hiras Publishing!

Sebelum penentuan short list alias 5 besar, panitia IBF Award 2023 juga telah mengumumkan 10 besar atau long list meliputi kelima novel tersebut di atas, ditambah beberapa novel lainnya, yaitu: Sangkakala di Langit Andalusia (Hanum Salsabiela dan Rangga Mahendra, Republika Penerbit), Ayah Aku Rindu (Gegge Mappangewa, Indiva Media Kreasi), Santri Pilihan Bunda (Syalsabila Falensia, CloudBooks), Selalu Ada Ruang Untuk Pulang (Karima Ifha, Reneluv), dan Angelique Bidadari Dua Kota Suci (Yahya Komaruddin dan Angelique de La Vega Yans, Lintas Nalar). [yms].


1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here