Tips Cantik Ala Kak Oki Setiana Dewi

2
87
tips cantik oki setiana dewi
ilustrasi (pinterest)

Setelah resmi dinobatkan menjadi pemeran Anna Althafunnisa dalam film “Ketika Cinta Bertasbih (KCB)”, Kak Oki otomatis menjadi sibuk banget. Sibuk syuting ke sana kemari, sibuk promo. Wah … pokoknya sibuk. Namanya juga artis. Sekarang, selain Kak Oki malah sudah menjadi seorang doktor dan aktif berdakwah kemana-mana. Namun, beliau tetap punya tips bagus dalam menjaga penampilan. Berikut ini adalah beberapa tips Kak Oki yang bisa kita contoh.

Mengapa muslimah perlu menjaga penampilan?

Karena Allah mencintai keindahan. Nah, muslimah punya tugas, bagaimana caranya kita tetep syari tapi juga indah. Karena selama ini banyak orang yang mengatakan pake jilbab itu kumuh dan kucel. Kak Oki itu pengen banget orang-orang pake jilbab itu indah, tetapi tetap menutupi apa yang harus ditutui, tetep syar’i gitu. Dan menjaga penampilan itu bukan hanya bagi artis lho, tapi semua muslimah harus.

Apa makna cantik menurut Kak Oki?

Cantik itu kalo dalamnya (pribadinya) cantik. Bukan luarnya, karena penampilan luar itu bisa menipu. Padahal kalo orang itu dari dalamnya udah cantik itu pasti (luarnya) juga cantik. Kecantikan dari dalam itu balik lagi pada kedekatannya dengan Allah. Sedangkan sekarang, orang-orang berlomba-lomba mempercantik luarnya karena tidak pede sama yang dikasih Allah. Kalo Kak Oki fokus untuk mempercantik dalamnya, kalo dalamnya dah cantik pasti akan memancar kecantikannya.

Ada yang bilang cantik itu putih. Menurut Kak Oki gimana?

Kita ini banyak yang salah anggapan. Kita menganggap bahwa wanita berkulit putih itu yang cantik. Akhirnya, berlombalah mereka memakai produk pemutih. Pola pikir itu harus diubah. Yang bener itu adalah wajah bersih bukan wajah putih, air wudhu itu bisa bikin kulit wajah bersih dan bercahaya, koq. Kalo Kak Oki sendiri gak ribet, Kak Oki seneng air wudhu dan yang penting sering bersihin muka. Kalo habis syuting itu kan mata capek dan bengkak, maka Kak Oki tinggal pake mentimun dingin  ato kapas pake air dingin ditaruh di mata. Dan jangan lupa pake pelembab, biar gak kering. Itu aja, jadi gak usah dimacem-macemin.

Sekarang ini, banyak wanita yang menginginkan tubuh yang langsing. Akibatnya, para wanita itu mati-matian melakukan diet. Kalo Kak Oki?

Kalo menurut Kak Oki, diet macam apa pun kalo gak olah raga sama aja. Aku berenang mbak, muslimah pun bisa berenang. Sekarang kan banyak tempat berenang yang dikhususkan untuk muslimah. Atau yang suka dengan olah raga lain bisa juga. Selain itu, yang paling penting, makanannya dijaga. Standarlah, minum air putih banyak, minum suplemen atau vitamin. Sekarang kan ada alternatif lain, yaitu nasi merah. Nasi merah lebih sehat dibanding nasi putih, soalnya nasi putih lebih banyak gulanya, dan itu nggak sehat. Satu lagi, hindari makanan gorengan karena minyaknya banyak kolesterol. Dan perbanyak makan buah.

Kalo untuk rambut, bagaimana biasanya Kak Oki merawatnya?

Nah, tuh dia. Fenomena yang terjadi rambut muslimah banyak yang gak dijaga, nyisir aja jarang, banyak tuh temen kampus yang kaya gitu. Bilangnya sih karena nggak keliatan. Tapi kalo Kak Oki, meskipun berjilbab, rambut tetap harus dirawat. Jangan karena mentang-mentang pake jilbab trus nggak dirawat. Kalo keramas pake kondisioner. Usahakan creambath sebulan sekali di salon, bisa juga dilakukan dirumah. Jangan lupa pake hair tonic biar nggak rontok. Juga rambut tiap bulan dipotong ujung-ujungnya biar gak bercabang.

Untuk masalah keramas nih, biasanya muslimah habis keramas langsung pake jilbab. Jangan tuh, hal itu sangat-sangat dihindari, karena bisa ketombean dan rambut bisa rusak.. Usahakan keramas sore hari atau pas nggak ada kegiatan. Dikeringin dulu atau pake hairdriyer. Jangan sampe rambur dikruel-kruel, kasihan lah.

Bagaimana Kak Oki menjaga daya tahan tubuh di sela-sela padatnya syuting dan promo?

Syuting kan bener-bener menyita tenaga dan pikiran, capek banget. Makanya, Kak  manfaatkan waktu di sela-sela syuting untuk tidur. Biar pas syuting bisa konsen lagi. Kalo untuk daya tahan tubuh, biasanya Kak Oki banyak-banyak minum air putih dan tidak lupa minum suplemen.  

Apa saran Kak Oki untuk remaja muslimah dalam menjaga penampilan?

Seperti sudah disampaikan di awal, bahwa Allah  itu mencintai keindahan. Bagaimana caranya membuat imej muslimah itu dengan jilbabnya tetap indah tapi juga tetep syari. Caranya dengan pake jilbab sampai menutupi dada, juga menutupi apa-apa yang mesti ditutupi, seperti tonjolan-tonjolan. Intinya nggak ketatlah. Dan jangan pernah membuat  orang lain gak mau pake jilbab, karena menganggap orang yang pake jilbab biasanya bau. Nah, jangan sampe kaya gitu.

Nah, itulah tips Kak Oki dalam menjaga penampilan. Bisa dicoba, tuh!

Penulis: Kak Asri Istiqomah


2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here