5 Tips Membeli Token Listrik Hemat Biaya Admin

0
288

Beli token listrik itu antara benci dan cinta. Paling pusing kalau sudah bunyi cenat cenut. Lalu pas banget uang di rekening sudah tipis. Beli token di aplikasi marketplace hijau masih kena biaya tambahan admin 2000 -2750. Kalau dihitung-hitung, kan, jadi banyak. Sepuluh kali saja, kita sudah bisa membeli token listrik senilai 20.000.

Mungkin itu dianggap sepele dan receh. Tidak, ini bukan masalah sepele atau receh, tetapi ini masalah penghematan. Apalagi kalau sedang cekak. Kita harus jeli melihat peluang, dan kalau bisa berhemat, mengapa tidak. Selain itu, ini bisa juga jadi peluang untuk berjualan token listrik. Jika kita menjual token listrik dengan tambahan biaya 3000 rupiah saja per pembelian, kan sudah lumayan.

Saya termasuk pengguna aktif, pembelian aneka produk digital via online. Salah satunya adalah token listrik. Awalnya saya menggunakan marketplace Tokopedia untuk pembelian token, dengan menggunakan pembayaran digital baik via transfer bank ataupun via dompet digital seperti OVO, GOPAY, LINKAJA, dan banyak lagi.

Sebenarnya jika ada banyak waktu luang untuk menelusur, ada banyak aplikasi dompet digital yang menawarkan diskon atau potongan menarik dalam pembelian token listrik. Apalagi bagi para pegawai yang gajian rutin bulanan. Diskon-diskon pembayaran payday, mulai tanggal 25 bulan berjalan, dan tanggal 5 bulan berikutnya itu ada saja.

Jadi, jika cerdik melihat peluang, kita bisa berhemat lumayan banyak. Baik dalam bentuk potongan ataupun dalam bentuk coin, seperti gopay coin, atau ovo points, yang meskipun tidak bisa diuangkan, tetapi bisa digunakan sebagai tambahan pembayaran di aplikasi tersebut dan afiliasinya.

Sebagai pengguna aktif aplikasi digital, aku mencermati kita bisa membeli token listrik dengan biaya lebih hemat melalui dua aplikasi ini. Serius, harganya lebih murah dari aplikasi lain, bahkan Ketika kita membeli via fitur yang ditawarkan oleh bank, melalui aplikasinya.

Berikut ini adalah hasil pengamatan saya dalam mencari biaya admin termurah ketika membeli token listrik. Aplikasi apa saja dan yang perlu dicermati dalam pembelian token listrik di aplikasi marketplace. Teman-teman bisa mengeceknya dan langsung praktik.

1. Pakai Aplikasi Flip


Di aplikasi ini, harga token listriknya hanya bertambah 500 rupiah dari harga beli token yang ditawarkan oleh PLN. Contoh, kita beli token 20.000, maka kita cukup membayar 20.500, tanpa tambahan biaya transaksi seperti di aplikasi lain. Kita beli listriknya via aplikasi flip, dan membayar via transfer bank yang terafiliasi dengan aplikasi flip. Agak ribet, tidak mengapa. Yang penting bisa lebih hemat. Kalau bicara peluang usaha, ini juga bisa jual juga ke tetangga, semisal token 20.000, kita jual 23.000 dan seterusnya.

2. Join di Mitra Tokopedia


Mitra Tokopedia memang aplikasi yang dikhususkan untuk menjual, termasuk di antaranya pulsa, token listrik, dan aneka pembayaran digital lainnya. Khusus untuk token listrik, cek kode promo yang biasanya terletak di bawah sebelum harga. Nanti ada pilihan-pilihan. Tentunya beragam, untuk pembayaran dompet digital, ada diskon mulai 250 rupiah dalam bentuk coin, atau ada juga yang dalam bentuk potongan harga. Lumayan. Iya, tapi masih tetap kena biaya transaksi sebesar 2.500 – 2750. Kalau sedang berhemat, ini aku lewati, aku cari pilihan yang lain.

3. Pakai Aplikasi PLN Mobile


Ini aplikasi resmi milik PLN, karena bisa juga kalau untuk pengajuan keluhan dan lain-lain. Kelebihannya adalah nominal pilihan pembelian tokennya dimulai dari 5.000 rupiah, sedangkan di aplikasi lainnya dimulai dari nominal 20.000 rupiah. Untuk biaya transaksinya, aplikasi ini memungut biaya sebesar 1.500 rupiah.

4. Rajin cek promo sebelum cek out pembayaran.

Biasanya sering ada diskon. Untuk mitra Tokopedia ada kode yang bisa diskonnya agak lumayan berupa potongan harga. Sementara untuk marketplace biasanya dalam bentuk cashback sekian rupiah. Yang kalau dikumpulkan ya lumayan juga jumlahnya.

5. Rajin cek flash sale di marketplace


Biasanya sering ada diskon token di marketplace.
Yang perlu anda perhatikan adalah biaya adminnya
1. Shopee via transfer bank 2.750
2. Shopee via shopee pay 1.500
3. Tokopedia 2.750

Itu dia lima tips yang bisa kita lakukan jika kita ingin menghemat biaya transaksi ketika membeli token listrik. Memang nominalnya kecil tapi jika dikumpulkan, toh, tetap lumayan juga.

Namun, yang paling utama tetap harus berhemat dalam menggunakan listrik. Bukan saja dalam artian biaya, tetapi juga dalam artian sumber daya. Penting pula untuk mulai menghilangkan kebiasaan buruk kita berboros-boros dalam menggunakan listrik. Plus satu lagi kita harus mencari tahu apa saja pencuri-pencuri listrik yang membuat tagihan kita menjadi lebih besar atau token kita cepat habis.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here