5 Tips Membuat Judul Artikel yang Menarik

0
62

Judul adalah kepala dari sebuah tulisan. Namanya kepala, tentu sangat berpengaruh, terutama untuk bisa meningkatka daya tarik sebuah tulisan. Pada sosok manusia misalnya, seseorang akan tampak terlihat cantik atau ganteng, tentu pertama kali dilihat dari wajah, yang merupakan bagian dari kepala. Jadi, jangan pernah menyepelekan judul. Bagaimana mungkin seseorang akan tertarik membaca sebuah tulisan hingga habis, jika judulnya tidak menarik serta tidak relevan.

Judul pada sebuah artikel ilmiah, artikel populer, esai, cerpen, novel, atau puisi tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Pada tulisan ini, saya ingin membahas tentang judul pada artikel. Berikut ini adalah lima tips untuk membuat judul artikel yang menarik. Apa saja? Simak, yuk!

Relevansi dengan Isi Artikel

Namanya judul, pasti harus relevan dengan isinya. Jika judul berbeda dengan isi, namanya Joko Sembung main ke Solo, nggak nyambung lho. Jadi, saat memilih deretan kata yang akan kita jadikan sebagai judul, pastikan judul mencerminkan topik artikel secara akurat. Nah, biar judul dan artikel kita juga menarik, cobalah membuat artikel yang fokus pada isu-isu terkini atau hal-hal yang sedang ngetren, tentunya agar pembaca merasa judulnya relevan dengan kehidupan mereka.

Gunakan Kata Kunci yang Kuat

Judul yang bagus, harus menyisipkan kata kunci yang umumnya dicari oleh audiens target Anda. Apalagi jika kita menulis artikel online. Carilah keyword yang paling banyak dicari di mesin pencari seperti Google. Misal, artikel ini berjudul 5 Tips Membuat Judul Artikel yang Menarik. Saat saya mencoba mengecek di Google, dengan keyword: membuat judul artikel, saya menemukan sekitar 56.300.000 hasil dalam 0,31 detik. Ini menunjukkan bahwa keyword ini cukup banyak dicari.

Gaya Bahasa Kreatif dan Menarik

Tak hanya harus relevan dan mengandung kata kunci yang tepat dan kuat, judul artikel juga sebaiknya menggunakan kata-kata yang menarik perhatian dan bersifat persuasif atau ajakan secara halus. Gunakan bahasa yang menarik dan kreatif untuk menjadikan judul lebih menonjol. Bisa juga menggunakan perumpamaan, pernyataan kontroversial, atau gaya bahasa yang unik. Namun, tetap harus dipikirkan bahwa seunik-uniknya, judul sebaiknya jangan menipu atau mengecoh pembaca.

Membuat Penasaran (Intriguing)

Judul yang membuat pembaca penasaran (intriguing), adalah judul yang bagus. Penulis harus bisa menciptakan rasa ingin tahu pembaca dengan memberikan sedikit misteri atau sesuatu yang “menggoda”. Sebagai contoh, di tengah rumor santer mundurnya Menteri Keuangan Sri Mulyani, media Tempo.co membuat berita dengan judul: Senyum Sri Mulyani di Tengah Isu Mundur dari Kabinet Jokowi (Tempo.co, 19 Januari 2024). Judul ini tentu mengundang rasa penasaran bagi masyarakat yang ingin tahu, apakah betul Sri Mulyani akan mundur dari Kabinet Presiden Jokowi?

Meski judul sebaiknya bersifat intriguing, sangat terjebak untuk over dalam mengungkapkan seluruh isi artikel dalam judul, biarkan pembaca ingin tahu lebih banyak.

Ukur Panjang Judul

Judul yang terlalu panjang tentu tidak menarik. Tetapi, terlalu singkat juga membuat pembaca kurang memahami apa maksud dari artikel tersebut. Jadi, pastikan judul kita cukup proporsional. Bisa dan mudah dipahami, tetapi cukup panjang untuk memberikan informasi yang cukup.

Nah, itulah 5 tips membuat judul artikel yang menarik. Semoga dengan 5 tips ini, Sobat Filmi bisa meningkatkan daya tarik artikel yang Sobat tulis, dan hasilnya pembaca semakin tertarik untuk membaca seluruh artikel. Salam literasi! [Afifah Afra].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here