Tips Mengatasi Insecure pada Ibu Rumah Tangga

0
68

Pergeseran rutinitas dari working mom menjadi full-time mom tidak menutup kemungkinan memunculkan dilema yang sangat besar. Selain perubahan rutinitas yang signifikan, perubahan hormon, perubahan emosi, penyesuaian diri terhadap aktivitas rumah tangga, dan perubahan fisik juga menjadi salah satu penunjang hilangnya kepercayaan diri. Saat kita sebagai perempuan memilih untuk menjadi full-time mom, maka saat itu juga kita harus berani menerima bahwa akan ada beberapa hal besar yang hilang atau bergeser. Mungkin kita harus menerima bahwa kita akan meninggalkan perkerjaan kita, meninggalkan gaya hidup yang tidak lagi sebebas dulu, bahkan kita akan kehilangan circle atau teman-teman dalam kehidupan kita. Hal itu yang akan menjadikan seorang ibu rumah tangga menjadi tidak percaya diri atau insecure terhadap dunia luar.

Akan tetapi, menjadi ibu rumah tangga bukan hal yang buruk, bukan suatu pilihan yang salah, bukan pula alasan untuk kita berhenti produktif dan merasa insecure. Berikut ini beberapa tips mengatasi rasa insecure menjadi ibu rumah tangga.


1. Bangun pagi dan awali hari dengan bersyukur

Tetaplah bangun pagi dan melakukan rutinitas selayaknya ibu rumah tangga. Lakukan segala sesuatu dengan hati yang gembira dan penuh rasa syukur. Pilihan menjadi ibu rumah tangga adalah hal yang mulia, dengan menjadi full-time mom kita bisa menjalani kewajiban sebagai seorang istri dengan sepenuhnya, kita bisa merawat dan mendampingi anak-anak kita dengan waktu yang tidak terbatas. Jadikan keluarga adalah hadiah yang terbaik dalam hidup kita.

2. Tetap produktif dari rumah dan upgrade ilmu pengetahuan

Meskipun sudah menjadi ibu rumah tangga ada banyak cara untuk kita menjadi lebih produktif lagi. Buatlah sesuatu yang baru yang bisa dikerjakan dari rumah dan tidak memakan waktu yang panjang. Misalnya, kita memulai bisnis rumahan dengan berjualan online atau mengikuti kelas-kelas memasak secara online, mengikuti webinar untuk mengasah ilmu pengetahuan kita, dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat kita lakukan dari rumah. Dengan begitu, meskipun 24 jam kita di rumah kita tidak akan tertinggal oleh teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang dengan pesat.

3. Berikan apresiasi untuk diri sendiri

Pekerjaan rumah tangga bukanlah hal yang mudah karena dilakukan dari mulai bangun tidur hingga pergi tidur lagi. Maka dari itu, sesekali berilah penghargaan pada diri sendiri atas segala pencapaian yang sudah kita buat. Misalnya, kita bisa membeli sesuatu yang kita inginkan, pergi bersama teman-teman untuk sekadar ngopi dan bercerita, pergi merawat diri, berolahraga, dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan sebagai penghargaan terhadap diri sendiri. Bahkan, kita berhak meminta apresiasi dari suami dengan cara meminta untuk pergi berlibur, berbelanja, atau melakukan sesuatu di luar tugas domestik.

4. Berjejaring dengan komunitas full-time mom

Menjalin hubungan dengan komunitas yang selaras akan membuat kita tidak selalu merasa sendirian. Berbagi cerita atau berbagi tips tentang tumbuh kembang anak, pernikahan, dan gaya hidup dapat kita lakukan dengan cara bergabung dengan komunitas-komunitas full-time mom. Dewasa ini, sudah banyak komunitas yang mendukung beragam aktivitas baik dari full-time mom, working mom, atau sekadar komunitas bersepeda. Beberapa komunitas tersebut dapat kita temui di media sosial.

5. Tanamkan dalam diri, bahwa setiap ibu “istimewa”

Setiap ibu adalah istimewa. Hal ini yang harus kita tanamkan dalam pikiran kita sebagai full-time mom maupun working mom. Tidak ada ibu yang tidak baik, tidak ada ibu yang buruk, setiap ibu memiliki plus dan minusnya dalam sebuah keputusan. Memutuskan untuk menjadi seorang full-time mom bukan sebuah kesalahan yang harus ditutup-tutupi. Mendidik dan mendampingi tumbuh kembang anak bukanlah hal yang tercela. Justru dengan menjadi full-time mom kita dapat dengan maksimal dalam mengurus segala aktivitas rumah tangga dan kita sadar bahwa harta yang tidak dapat ditukar dengan apapun adalah keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here